KB Islam Bintang Juara kembali menjadi pusat perhatian ketika Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM) melakukan visitasi akreditasi pada Jumat, 23 Agustus 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh dua asesor berpengalaman, yaitu Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd., dan Rokiban, S.Ag., M.Pd. Proses akreditasi ini sangat penting dalam menilai kualitas layanan pendidikan yang diberikan, serta memastikan lembaga KB Islam Bintang Juara memenuhi standar nasional pendidikan yang telah ditetapkan.
Daftar Isi
Pentingnya Visitasi Akreditasi
Akreditasi adalah proses penilaian yang komprehensif terhadap sebuah lembaga pendidikan untuk memastikan bahwa lembaga tersebut memenuhi standar mutu yang ditentukan oleh pemerintah. Sebelumnya TK Islam Bintang Juara juga sudah melaksanakan visitasi akreditasi pada Selasa, 6 Agustus 2024. Alhamdulillah kini giliran KB Islam Bintang Juara yang didatangi oleh BAN PDM.
Di KB Islam Bintang Juara, visitasi akreditasi ini bukan hanya sekadar formalitas, melainkan kesempatan untuk merefleksikan capaian dan memperbaiki kekurangan dalam sistem pendidikan yang diterapkan. Dengan penilaian yang komprehensif, akreditasi membantu mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan guna menjamin kualitas pendidikan yang terbaik untuk anak-anak usia dini.
Metode Penilaian: Wawancara, Observasi, dan Studi Dokumen
Dalam visitasi yang berlangsung satu hari tersebut, Dr. Iin Purnamasari dan Rokiban menggunakan pendekatan metode WOS (Wawancara, Observasi, dan Studi Dokumen) untuk mengevaluasi berbagai aspek di KB Islam Bintang Juara.
1. Wawancara
Langkah pertama dalam proses akreditasi adalah wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan di KB Islam Bintang Juara. Asesor melakukan wawancara mendalam dengan kepala sekolah, para guru, staf administrasi, dan beberapa orang tua murid. Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan pandangan mendalam tentang sistem pendidikan yang diterapkan, bagaimana guru-guru merancang pembelajaran, serta bagaimana interaksi antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak.
Kepala KB Islam Bintang Juara memaparkan program-program unggulan yang dijalankan di sekolah, termasuk pendekatan yang digunakan dalam mengembangkan potensi setiap anak. Orang tua juga berbagi pengalaman positif mereka mengenai bagaimana sekolah ini memperhatikan kebutuhan setiap anak secara personal.
2. Observasi
Selanjutnya, asesor melakukan observasi langsung di kelas dan lingkungan sekolah. Mereka melihat bagaimana proses belajar-mengajar berlangsung, interaksi antara guru dan siswa, serta ketersediaan fasilitas pendidikan yang mendukung pembelajaran anak-anak. Observasi ini memberikan penilaian yang obyektif tentang bagaimana program yang telah dirancang diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.
Dr. Iin Purnamasari secara khusus mencatat keaktifan anak-anak dalam berpartisipasi dalam kegiatan kelas, serta bagaimana guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung eksplorasi. Rokiban, di sisi lain, memuji manajemen waktu yang efektif dan penerapan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam setiap aktivitas di KB Islam Bintang Juara.
3. Studi Dokumen
Setelah wawancara dan observasi, asesor menelaah berbagai dokumen yang dimiliki oleh KB Islam Bintang Juara. Dokumen yang ditinjau mencakup kurikulum, perencanaan pembelajaran, dokumentasi kegiatan, dan laporan evaluasi berkala. Studi dokumen ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh proses administrasi dan pelaksanaan program pendidikan di KB Islam Bintang Juara berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BAN PDM.
Dokumen-dokumen ini memberikan bukti bahwa KB Islam Bintang Juara telah menerapkan pendekatan yang sistematis dan berkelanjutan dalam menjalankan program pendidikannya. Selain itu, adanya catatan evaluasi berkala menunjukkan komitmen sekolah dalam melakukan perbaikan berkelanjutan.
Hasil dan Harapan
Pada akhir visitasi, Dr. Iin Purnamasari dan Rokiban memberikan apresiasi atas dedikasi seluruh pihak di KB Islam Bintang Juara dalam menjaga mutu pendidikan. Mereka mencatat bahwa KB Islam Bintang Juara memiliki program-program inovatif yang mendukung perkembangan holistik anak-anak, serta manajemen sekolah yang rapi dan efektif.
Laporan hasil visitasi ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan bagi BAN PDM dalam memberikan akreditasi kepada KB Islam Bintang Juara. Akreditasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi sekolah untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka berikan.
Dengan komitmen yang tinggi dari seluruh pihak, KB Islam Bintang Juara berpotensi mendapatkan akreditasi yang baik dan terus berkembang menjadi lembaga pendidikan yang unggul, mencetak generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan masa depan.***